Jaringan Teater Riau (JTR) Bangkitkan Seni Teater di SD Negeri 144 Pekanbaru

Sekolah Dasar Negeri 144 Pekanbaru, Sabtu pagi tanggal 3 September 2022 mengelar acara Seniman Masuk Sekolah yang merupakan Program  Goes To School dari  Jaringan Teater Riau yang diketuai oleh Rian K. Harahap.

 


SD Negeri 144 Pekanbaru merupakan salah satu sekolah dasar negeri di Kecamatan Senapelan yang lulus Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 yang akan di mulai tahun 2023 mendatang. Kepala sekolah ibu Mulyati, M. Pd terus melakukan gebrakan dalam mengali potensi yang dimiliki siswanya. Hal itu dilakukan sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang mana memberikan peluang seluas luasnya bagi peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Salah satunya adalah dengan kegiatan hari ini yaitu Seni teater.

 

Sanggar Rentak Budak Senapelan, merupakan sanggar seni SD Negeri 144 Pekanbaru yang mewadahi bakat dan minat anak dalam bidang seni. Pada kesempatan ini Jaringan Teater Riau yang diwakili oleh Rian Harahap dan Aditya Hariyadi beraksi mengajak siswa untuk tertarik dengan dunia seni peran atau teater.


Rian Harahap Ketua Jaringan Teater Riau dan seorang Pendiri Teater Jejak Langkah juga seorang pendidik yang suskes mengantarkan anak didiknya memang lomba teater di tempatnya mengajar SMA Darma Yudha. Totalitasnya dalam dunia teater tak diragukan lagi. Sudah banyak prestasi diraihnya. Sekarang jiwanya tergerak untuk membangkitkan lagi seni teater di bumi melayu mulai sejak dini.

 

Rian mengajarkan anak anak kelas 1 sampai kelas 3 memerankan tokoh binatang yang sering kita jumpai dalam pementasan cerita anak. Anak anak sangat antusias mengikuti kegiatan hari ini. Mereka bergembira dan megeluarkan ekspresinya sesuai dengan tokoh yang dilakonkannya.

Lain lagi dengan Aditya Hariyadi, siapa yg tak kenal dia. Saat ini di amanahi sebagai wakil ketua JTR yang juga aktif di Teater Selembayung. Akhir bulan september ini Bang Aditya dengan Teater Selembayungnya akan ikut dalam Festival Teater se-Sumatra di Palembang. 

Aditya juga membimbing anak anak kelas tinggi di ruang Perpustakaan Marhum Pekan dalam kesempatan ini Aditya menyampaikan bagaimana trik dasar dalam teater, mengajak anak anak melakonkan beberapa peran. Antusias anak anak juga sangat tinggi. Mereka mulai memerankan beberapa karakter yang dijelaskan oleh Aditya.

 

Kegiatan di SD Negeri 144 pekanbaru juga dihadiri oleh seorang penyair muda yang juga pembawa acara di TVRI Riau Berlian Novriadi, M. Pd. menginspirasi anak anak dalam belajar bagaimana tampil di depan umum . Berlian juga mengajarkan anak anak bagaimana mengeluarkan ekspresi.

 

Mulyati, M. Pd dalam kesempatan ini sangat mengapresiasi kunjungan dari JTR ke sekolahnya, Kegiatan ini sangat bermanfaat dan salah satu kegiatan dalam mencari siswa yang memiliki bakat dan jiwa seni. Harapan saya di masa yang akan datang akan muncul aktor, seniman dan budayawan besar dari SD Negeri 144 Pekanbaru yang akan menyemarakkan dunia teater dan juga akan menjadi sastrawan Riau dan Indonesia. "Kita hanya mewadahi dan memfasilitasi dan memberikan yang terbaik bagi mereka." ungkapnya.

 

Dalam kesempatan itu juga Aditya mengungkapkan banyak anak yang punya bakat dalam seni teater ini, hal itu lebih terlihat di anak kelas tinggi. Semoga Sanggar Rentak Budak senapelan terus maju dan mampu membawa siswanya tampil di acara-acara yang diadakan di taman budaya.

Rian juga punya harapan besar terhadap dunia teater anak anak terutama di pekanbaru ini. (MU)

Post a Comment

0 Comments