Sistem Pernapasan pada Manusia (materi IPA Kelas V SD K-13)

 Sistem Pernapasan pada Manusia

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Tanda bahwa seseorang bernapas adalah dadanya bergerak kembang kempis secara teratur. Bersamaan dengan kembang kempisnya rongga dada, hidung juga menghirup dan mengembuskan udara.



Secara garis besar alat pernapasan manusia terdiri atas paru-paru dan saluran pernapasan. Saluran pernapasan menghubungkan paru-paru dan yang lainnya, yaitu hidung, tekak, pangkal tenggorok, batang tenggorok, cabang tenggorok, anak cabang tenggorok.

Ketika  bernapas, mula-mula udara masuk melalui hidung. Kemudian, udara bergerak menuju faring (tekak) dan laring. Laring disebut juga jakun, yaitu tempat dihasilkannya suara.

Selanjutnya, udara menuju trakea (tenggorokan). Trakea ini memiliki dua cabang yang disebut bronkus. Kedua cabang bronkus berujung di paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Bronkus ini bercabang-cabang menjadi bronkiolus yang berakhir
di alveolus atau gelembung paru-paru.

Organ Pernapasan Manusia

1. Hidung 
Udara masuk ke paru-paru melalui rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir.

a. Rambut Hidung
Ketika kamu berdiri di depan cermin dengan sedikit menengadahkan kepala. Amati lubang hidungmu. Apakah yang terdapat di dinding lubang hidungmu?
Dalam rongga hidung terdapat rambut hidung. 
Nah, kamu pasti penasaran apakah fungsi rambut hidung?
Rambut hidung berfungsi sebagai penyaring kotoran yang masuk bersama udara yang dihirup.



b. Selaput Lendir

Saat bersin, biasanya ada cairan yang keluar dari rongga hidung. Cairan tersebut
dihasilkan oleh selaput lendir. 
selaput lendir berfungsi untuk menyaring udara. Jika udara bercampur debu akan disaring oleh rambut hidung. Dengan demikian, udara yang masuk ke dalam paru-paru benar-benar udara bersih. Rongga hidung juga berfungsi untuk menghangatkan dan mengatur kelembapan udara yang masuk ke paru-paru.



Batang Tenggorok/Laring

Pangkal tenggorok terdiri atas katup pangkal tenggorok (epiglotis) dan beberapa tulang rawan yang membentuk jalan. Pada pangkal tenggorok terdapat pita suara.



Batang tenggorok termasuk saluran pernapasan. Batang tenggorok tersusun dari tulang-tulang rawan berbentuk cincin.
Batang tenggorok bercabang menjadi dua. Satu cabang menuju paru-paru kanan. Adapun cabang yang lain menuju paru-paru kiri. Cabang tenggorokan disebut bronkus.



Paru Paru

Organ utama pernapasan manusia adalah paru-paru. Paru paru manusia berjumlah dua. Paru-paru manusia berwarna kemerah-merahan.


Paru-paru kanan terdiri tiga gelambir (lobus) dan paru-paru kiri terdiri dua gelambir. Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru (pleura). Pertukaran udara yang banyak mengandung oksigen dan udara yang banyak mengandung karbon dioksida berlangsung di dalam alveolus.


Setiap bronkus bercabang menjadi beberapa cabang yang lebih kecil. Cabang bronkus disebut bronkiolus. Setiap ujung bronkiolus terdapat gelembung-gelembung halus yang disebut alveolus.
Alveolus mempunyai dinding yang sangat tipis. Alveolus banyak mengandung kapiler-kapiler darah. Di dalam alveolus terjadi pertukaran gas. Gas oksigen dari udara masuk ke dalam darah. Adapun gas karbon dioksida dari dalam darah dikeluarkan ke udara.

sumber BSE IPA dan K13


Post a Comment

0 Comments