Welcome di Mentari Sago, kumpulan artikel pendidikan dan sastra baik berupa cerpen, puisi dan lain-lain

Thursday 23 March 2023

Keutamaan Ramadhan

 

Al-Baglawi berkata, “ Yang sahih bahwa Ramadhan adalah nama sebuah bulan dari kata ‘ramdha’ yaitu batu yang dipanaskan(dibakar), karena memang mereka telah berpuasa dalam waktu panas yang memuncak. Sebab Ketika orang arab menetapkan nama-nama bulan, bertepatan sekali bahwa bulan itu ada dalam musim panas yang dahsyat.



Keutamaan Ramadhan :

“Apabila dating malam pertama dari bulan Ramadhan, semua pintu-pintu surga dibuka, tidak tertutup satu pun selama satu bulan penuh”

Alllah SWT memerintahkan malaikat penyeru untuk menganjurkan,” Wahai orang yang mencari kebaikan menghadaplah. Wahai orang yang mencari kejahatan, bertahanlah.” Lalu dia berkata,” Adakah seseorang memohon ampun, tentu dia akan diampuni. Adalah orang yang meminta , tentu dia akan turuti ppermintaannya. Adalah orang yang bertobat, tentu ia akan diterima tobatnya.”

Ramadhan adalah bulan kesabaran, sedangkan kesabaran pahalanya surga. Dia adalah bulan pertolongan. Dia adalah bulan penambahan rezeki seorang mukmin.

Barang siapa yang memberi buka pada seorang yang berpuasa, maka baginya sama dengan pahala memardekakan budak yag telah diampuni dosa-dosanya.

Rasullulah berkata, Allah memberikan pahala pada orang yang memberi buka orang yang berpuasa secicipan susu, seteguk air, sebutir kurma. Dan barang siapa yang membuat kenyang orang yang berpuasa, dia akan diampuni dosa-dosanya dan Allah SWT akan memberinya minim dari telagaku, dimana dia tidak akan merasa haussesudah itu dan selamanya.

Di samping itu mereka mendapat pahala semisalnya pahala orang yang berpuasa tanpa berkurang sedikitpun.

Awal Ramadhan penuh  dengan rahmat, pertengahan penuh dengan ampunan dan diakhir pembebasan dari neraka.

Bulan Ramadhan perbanyak 4 hal, dua hal kamu akan membuat ridha pada TuhanMu yaitu kesaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan kamu memohon ampunan kepadanya.sedangkan dua hal lagi kamu selalu mebutuhkannya yaitu kamu meminta surga kepada TuhanMu dan berlindung kepadaNya dari neraka.

Keutamaan Ramadhan  yang lain, sabda Rasulullah SAW,” barangsiapa yang berpuasa bulan Ramadhan dengan iman dan mencari pahala, maka dosanya yang telah lalau dan yang akan dating diampuni.”

 

Rasulullah juga bersabda,” Setiap amal anak cucu Adam adalah baginya, kecuali puasa. Maka sesungguhnya puasa itu adalah milikKu dan Aku yang membalasnya. Cukuplah bagimu dengan sebuah ibadah yang disandarkan Tuhan Pencipta SWT pada zat-Nya.”


(dikutip dari Mukasyafatul Qulub karya Imam Al Ghazali) 

 

 

0 comments:

Post a Comment