Welcome di Mentari Sago, kumpulan artikel pendidikan dan sastra baik berupa cerpen, puisi dan lain-lain

Friday 24 March 2023

Keutamaan Membaca Al-Qur'an

 
Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Rasulullah bersabda:

“Pada hari kiamat tiada sesuatu pun yang lebijh utama kedudukannya di sisi Allah kecuali Al-qur’an.”
Keutamaan selanjutnya adalah memberi syafaat di akhirat. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya".

Membaca Al-Qur'an setiap hari adalah akan mendatangkan pahala dan banyak kebaikan. Dijelaskan, keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari bisa menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan.

“Hadist ini memerintahkan agar menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama harian kita. Kelak Al-Quran akan menjadi sahabat di akhirat jika kita sudah membersamainya sejak di dunia,”jelasnya lagi.
Bagi yang membaca al-Qur’an, kemudian mempelajarinya dan mengamalkannya maka kedua orangtuanya dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat.

Hal ini sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW. “Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari" (HR. Hakim)

Membaca Al-Qur'an setiap hari adalah bisa menjadikan seseorang memperoleh rahmat dan lindungan dari para malaikat. Apalagi jika membaca Al-Qur’an dilakukan dengan hati yang tenang dan sabar.
Dengan semua keutamaan itu, sangat wajar apabila sahabat nabi berlomba-lomba membaca, mempelajari dan mengamalkan isi Al Quran. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW. memerintahkan Abdullah bin Umar agar mengkhatamkan Al Quran seminggu sekali (HR Ahmad).

Begitu juga sahabat nabi yang lain yaitu Zaid bin Tsabit, Usman bin ‘Affan, Ubay bin Ka’ab dan Ibnu Mas’ud; telah menjadikan dzikirnya untuk mengkhatamkan Al Quran pada setiap hari Jumat. Namun demikian, minimal, hendaknya setiap Muslim bisa mengkhatamkan Al Quran setidaknya sebulan sekali.

Keutamaan membaca Al-Qur’an adalah akan mendatangkan pahala dan kebaikan, memberikan derajat dan wibawa lebih baik, memperoleh rahmat dan perlindungan malaikat, memberi syafaat di hari kiamat, hingga menghindarkan dari sesat dan celaka bagi pembacanya. Keutamaan membaca Al-Qur'an ini sudah pasti akan mendatangkan banyak berkah dalam kehidupan.

Membaca Al-Qur’an dengan hati yang tenang dan rasa bahagia dapat merubah seseorang yang semula berperilaku tidak baik menjadi lebih baik.

0 comments:

Post a Comment