KECERDASAN AKAL/IQ

Kesempurnaan akal.

Saat manusia kehilangan akal maka hilanglah kewajiban dirinya dalam menjalankan perintah agama. Seseorang yang kehilangan akal, ia tidak bisa berpikir kebaikan sedikit pun. 

QS al Maidah ayat 100:

قُلْ لَّا يَسْتَوِى الْخَبِيْثُ وَالطَّيِّبُ وَلَوْ اَعْجَبَكَ كَثْرَةُ الْخَبِيْثِۚ فَاتَّقُوا اللّٰهَ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya : Katakanlah (Muhammad), “Tidaklah sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya keburukan itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat, agar kamu beruntung.”



Makin sempurna akal maka semakin baik pula keimanan kita, maka harapan mejalankan tugas sebagai khalifah dengan baik akan terwujud. 

"Mahkota seseorang adalah akalnya, derajat seseorang adalah agamanya dan harga diri seseorang adalah akhlaknya". (Umar Bin Khatab)

Peran akal sangat penting dalam kehidupan. Akal sebagai  alat persiapan seorang mukmin dalam menjalani kehidupan. demi sempurnanya dan terjaganya akal makan jadikanlah taqwa sebagai bekal hidup.

QS albaqarah ayat 197: 

Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.

Dari Sa'id bin al-Musayyab bahwa Umar, Ubai bin Ka'ab dan Abu Huhairah ra pernah menghadap rasulullah SAW lalu bertanya:

   "Wahai rasulullah, siapakah orang yang paling mengerti itu?" 

Beliau menjawab:

" Orang yang berakal." 

Mereka bertanya lagi: 

" Siapakah orang yang paling ahli ibadah?"

Beliau menjawab:

"Orang yang berakal." 

Mereka bertanya lagi: 

"Siapakah orang yang paling utama?"

Beliau menjawab:

"Orang yang berakal." 

Mereka bertanya lagi: 

Bukanlah orang yang berakal itu yang sempurna dalam menjaga harga dirinya, jelas kefasihannya, yang pemurah tangannya dan mulia kedudukannya?"

Lalu Beliau membaca QS. Al Az-Zukhruf ayat 45:

"Dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia, dan kehidupan akhirat itu di sisi Tuhanmu adalah bagi orang-orang yang bertakwa"


Post a Comment

0 Comments