Mengapa Kita Harus Sabar?

sumber foto https://lifestyle.okezone.com/




Sabar  akan Menyelamatkan

Kondisi masyarakat saat ini makin lama makin terpuruk, pandemic covid-19 sudah mematikan sendi kehidupan masyarakat secara perlahan. Banyaknya PHK dan tak bisanya masyarakat mencari rezeki di luar rumah, membawa dampak bagi kehidupannya.
Bahaya pandemi covid 19 menjadikan manusia untuk sabar atas wabah yang menimpa, kesabaran dalam menghadapi masalah ini bisa menjadi penolong yang akan menyelamatkan dari virus yang mewabah.
Kesabaran menjalankan imbauan pemerintah, tidak keluar rumah, bekerja dari rumah, ibadah di rumah. Kesabaran menahan diri untuk tetap tinggal di rumah, itu akan menyelamatkan seseorang dari bahaya. Dalam melakukannya kita butuh energi untuk melawan emosi dan bersikap sabar.


Dalil tentang sabar QS Albaqarah ayat 153:

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَ الصَّلاَةِ إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْن
“Hai orang yang beriman, jadikalah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”



Sabar Membawa Keberuntungan

Sebagaimana dalam QS Ali-Imran ayat 200 yang berbunyi sebagai berikut:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersikap siaga dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung”

Setiap manusia dalam kehidupan ingin untung, dalam berdagang ingin untung. Itu sudah kodratnya manusia. Allah SWT memberikan cara agar memperoleh keberuntungan bagi siapa saja yang beriman kepada-Nya.
Janji Allah SWT tak perlu diragukan lagi, karena Allah SWT sudah menjelaskan dalam firman-Nya, Keberuntungan pasti akan datang bagi mereka yang beriman dan bertaqwa baik di dunia maupun di akhirat.

Post a Comment

0 Comments