Etika Wanita Shalihah Dalam Pergaulan






foto by Mulyati Umar



Sebagai wanita shalihah ada aturan dalam pergaulan, sebagai makhluk sosial yang akan berinteraksi dengan orang lain, namun ada batasan dalam pergaulan. Islam memberikan aturan aturan itu, agar wanita muslimah terlindungi dalam bergaul sehingga ada rasa nyaman terhadap orang lain dalam berinterakasi. Cara pergaulan harus sesuai dengan budaya Islam akan membawa kemaslahatan bagi dirinya dan orang lain. Islam agama yang sempurna,sampai perkara yang sangat kecil diatur oleh Islam.

Wanita  Shalihah Mempunyai Sifat Malu
           
            Allah SWT menegaskan bagaimana mestinya wanita shalihah memiliki sifat malu dan berakhlak mulia.  QS Al-qashash ayat 25,

فَجَآءَتْهُ إِحْدَىٰهُمَا تَمْشِى عَلَى ٱسْتِحْيَآءٍۢ قَالَتْ إِنَّ أَبِى يَدْعُوكَ لِيَجْزِيَكَ أَجْرَ مَا سَقَيْتَ لَنَا ۚ فَلَمَّا جَآءَهُۥ وَقَصَّ عَلَيْهِ ٱلْقَصَصَ قَالَ لَا تَخَفْ ۖ نَجَوْتَ مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

 Terjemah Arti: Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua wanita itu berjalan kemalu-maluan, ia berkata: "Sesungguhnya bapakku memanggil kamu agar ia memberikan balasan terhadap (kebaikan)mu memberi minum (ternak) kami". Maka tatkala Musa mendatangi bapaknya (Syu'aib) dan menceritakan kepadanya cerita (mengenai dirinya), Syu'aib berkata: "Janganlah kamu takut. Kamu telah selamat dari orang-orang yang zalim itu"

.
Rasa malu yang ada pada diri wanita shalihah, ditutupi dengan berpakaian yang sesuai dengan ajaran Islam, yaitu pakaian syar’i yang tidak mengumbar auratnya, walaupun sudah memakai pakaian syar’i, wanita shalihah juga menjaga pergaulan dengan laki-laki dan perempuan. Dengan rasa malu yang dimiliki wanita shalihah, akan menildungi dirinya dari perkara yang dilarang oleh agama. Sekarang pergaulan laki-laki dan perempuan sudah begitu bebasnya, dengan kemajuan tehnologi, wanita dengan mudahnya memamerkan auratnya kepda siapapun, hingga taka da batasan. Islam mengajarkan akan batasan yang harus dimiliki wanita, dengan rasa malu, wanita tak akan mudah mempertontonkan dirinya kepada orang lain. Wanita salihah memiliki benteng dan paham akan aturan yang merti dipatuhinya.


Wanita Shalihah dalam Menuntut Ilmu

            Modal ilmu yang dimuliki wanita shalihah akan membantunya dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, ilmu ibarat perhiasan bagi wanita shalihah, dengan ilmu wanita shalihah dapat menimbang mana baik dan buruk, mana yang akan membawa mudharat atau maslahat. Ilmu yang diiringi oleh ketaqwaan  akan mendekatkan umatnya kepada Allah SWT.

Diriwayatkan Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha'if Sunan Ibnu Majah no. 224.
طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim."
            Keluarga adalah madsarasah pertama dalam keluarga, wanita shalihah akan mendapatkan ilmu pertama dari rumahnya. Wanita shalihah dalam menuntut ilmu sebaiknya ditemani oleh mahramnya.
(MU)

Post a Comment

0 Comments