Welcome di Mentari Sago, kumpulan artikel pendidikan dan sastra baik berupa cerpen, puisi dan lain-lain

Wednesday 22 April 2020

Trik di Bulan Ramadhan di tengah Wabah Covid 19


Ramadhan udah di depan mata, jadi umat muslim sudah pada punya persiapan nggak nih. Ramadhan tahun ini akan berbeda kita jalani dati tahun sebelumnya, dengan terjadinya pandemi corona yang mewabah di sebagian besar negara di dunia, memberikan dampak terhadap semua aktifitas manusia, tak hanya ekonomi yang terpuruk tapi bagi umat Islam di seluruh dunia, cukup jadi bumerang. Ramadhan bulan benuh berkah dan ampunan, dengan segala amal ibadah yang ada bersamanya. Masjid ramai, manusia berlomba lomba dalam kebaikan.

Sekarang akibat dari covid 19, diharapkan semua kita berdiam diri di rumah, kerja dari rumah, belajar dari rumah. Bagaimana kita mengsiasati Ramadhan tetap penuh berkah di rumah, nah coba simak ulasan singkat berikut ini : 

1. Sholat tarawih, nggak bisa ke masjid, yuk para ayah ajak keluarga untuk jamaah di rumah. Jamaah dan berkumpul dengan keluarga di bulan penuh berkah ini pasti akan membawa rasa dan menyelipkan kebahagiaan tersendiri. Biasanya kita sholat di masjid sekarang di rumah, hal ini akan lebih mendekatkan dengan keluarga, apalagi bagi ayah bunda yang biasanya sibuk di luar, manfaatkan moment ini sebaik mungkin. Anak akan bahagia ketika ayah bundanya ada bersama mereka. 

2. Tadarus Alquran bersama, wah ini so sweet banget lho, coba deh praktikkan di rumah bersama keluarga. Saling menyimak dan memperbaiki bacaan masing masing, biasanya anak dengan guru ngajinya sekarang dengan ayah bunda, wow...dimata anak anak ini jadi sesuatu bangat lho.

3. Tausiah bersama, ini bisa gantian antar ayah, bunda dan anak. Saling memberi nasehat, sekalian melatih anak untuk berbicara dan memberikan pemahamannya akan alquran dan sunah lebih dalam lagi.

4. Menghapal Alquran dan Murajaah, bagi anak yang ditugaskan sama gurunya menghapal bisa kita ajak bersama, sekalian mengulang hapalan ayah bunda. So, tanpa disadari kita ikut belajar bersama anak anak. 

5. Baca buku yang bermanfaat dan mengedukasi, ayah bunda bisa sediakan buku buku di rumah, buat pustaka keluarga. Setiap buku yang habis di baca anak anak bisa menjabarkan hal hal positif yang  didapatkannya dari membaca buku tersebut. Insyaallah nggak berat sih..tergantung niat dan metode yang dilakukan. 

6. Masak bersama, menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur. Biasanya bagai ayah bunda yang sibuk, sukanya beli, yuk sekarang kita masak sendiri, bisa mengasah keterampilan dalam membuat masakan yang enak dan bereksperimen dengan menu baru bersama anak. Hal sederhana ini akan membuat anak mengerti cara memasak makanan yang enak dan sehat. 

So, semoga trik singkat di atas bisa dilakukan di rumah bersama keluarga tercinta. Akhirnya untuk semua selamat memasuki bulan ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan, semoga kita semua dilindungi Allah SWT atas wabah yang sedang melanda negeri. 


0 comments:

Post a Comment