Welcome di Mentari Sago, kumpulan artikel pendidikan dan sastra baik berupa cerpen, puisi dan lain-lain

Sunday 26 April 2020

Pesona Wanita Shalihah




         
Gambar by Mulyati Umar




Wanita Sholehah adalah puncak kesenangan dunia, sebagaimana sabda Rasûlullâh saw. dalam sebuah hadits:
Wanita cantik, banyak, itu udah biasa, masing masing punya kelebihan tersendiri. Nah ini yang utama, kelebihan yang dimulikinya. Kecantikan pada wanita cantik memiliki daya tarik, tak hanya wajah yang memikat, pandai berdandan dan bersikap terhadap orang lain; terutama lawan jenis. Ini bisa jadi bomerang terhadap diri sendiri dan orang lain. Namun tak banyak wanita yang memiliki kepribadaian yang mempesona yang seiring dengan lahiriahnya.


 الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَ خَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ
Artinya :
“Dunia itu semuanya menyenangkan, dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah wanita sholehah”.
(H.R. Muslim. Lihat Riyâdhush-Shâlihîn)



Banyak wanita yang suka tebar pesona terhadap lawan jenis, setelah menikah pesonanya hilang, yang muncul sifat aslinya, nah…ini yang membuat orang jadi jengkel. Selama ini wanita menunjukkan kepribadian yang lain.

Sebenarnya untuk mempesona, tak mesti pura-pura, tampil apa adanya. Enggak usah sok-sok an jadi pribadi yang lain. Karena pesona yang dimiliki wanita selain cantik lahiriah juga yang utama cantik di dalamnya ( iinerbeauty) atau akhlaknya. Yang memiliki akhlak cantik ya itu adalah wanita shalihah.
Akhlak wanita shalihah bersumber dari Alqur’an dan sunnah Rasulullah SAW, so pasti akan memancarkan pesona yang luar biasa dan tak akan pernah luntur. Wanita shalihah memiliki kecantikan luar dan dalam dirinya.
Wanita shalihah punya kepribadian yang kokoh, saat bepergian, kapan dan dimanapun dia selalu menutup auratnya dan menjaga pandangan matanya, sehingga dirinya terlindungi dan aman. Wanita shalihah mampu memberi kesejukkan dan kenyamanan dimanapun mereka berada.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Wahai anakku Fatimah! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunua tidak mau menutup rambutnya daripada dilihat laki-laki yang bukan mahramnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Wanita shalihah juga cerdas, tidak ketinggalan zaman dan mempunyai pengetahuan yang luas, sehingga sempurnalah kecantikkan yang dimilikinya. Kehadiran wanita ini sangat dinantikan oleh laki-laki yang berakhlak baik dan berkualitas.  

Wanita shalihah mengantar keluarga ke surga. Dalam kehidupan berumah tangga wanita shalihah akan menjadi  istri dan ibu yang baik bagi keluargannya. Karena madrasah pertama dalam keluarga adalah didikan ibu baik terhadap suami dan anak anaknya.
Dalam salah sebuah hadits, Rasûlullâh saw. menyebutkan secara terperinci sifat-sifat wanita atau isteri yang sholehah. Sabda Beliau:


خَيْرُ النِّسَاءِ مَنْ تُسِرُّكَ إِذَا أَبْصَرْتَ , وَ تُطِيْعُكَ إِذَا أَمَرْتَ , وَ تَحْفَظُ غَيْبَتَكَ  فِي نَفْسِهَا وَ مَالِكَ
Artinya :
“Sebaik-baik isteri ialah yang menyenangkan-mu ketika engkau menatapnya, mematuhi-mu ketika engkau perintah; dan ketika engkau pergi, ia menjaga kehormatan-mu, yaitu dengan menjaga dirinya dan juga harta-mu”.(H.R. Ath-Thabrânî. Lihat Al-Fathul-Kabîr juz III hal. 126 no.: 3294)


Banyak rumah tangga yang retak dan mulai cekcok dan bercerai setelah menikah, mengapa begitu mudahnya mereka bercerai? Ini  didasarkan pada kekosongan spiritual dan iman mereka yang masih belum kokoh. Jika hal ini terjadi yang jadi korban adalah anak-anak.

Wanita shalihah cantik dan mempesona setiap harinya akan tanggap terhadap masalah yang terjadi di dalam keluarganya, baik masalah suami maupun anak-anaknya. Sikap ini menjadikan istri ibarat permata yang berharga bagi suami. Istri shalihah akan selalu berhias untuk suami, karena cantik didepan suami adalah ibadah.

Tips menjadi ibu yang baik :
1.    Cintailah anak-anak, cinta adalah pemberian yang paling penting yang dapat kita berikan pada mereka, dengan pelukan dan ciuman wajib diberikan. Anak anak butuh pelukkan untuk bertahan dalam hidupnya. Tak peduli berapa lama, karena pelukan kepada anak membawa kenyamanan dan merasa mereka dilindungi,
2.  Bersabar ketika mereka melakukan kesalahan, tahan emosi dan rasa  marah dengan menarik napas, hal ini dilakukan dapat menyimpan rasa sesak/sakit.
3.   Menghormati anak-anak, dan mereka akan menghormati kita. Hargai hal hal kecil yang dilakukannya dengan pujian. Ganjaran dan pujian yang diberikan kepada anak-anak akan mengajarinya untuk bekerja keras dan mandiri, menjadi anak yang baik dan melakukan semuanya tanpa syarat menjadi kunci untuk bertahan hidup sejak dini.
4.    Tunjukkan bahwa kita adalah orang yang bertanggung jawab dengan bekerja, hal ini akan mendidik mereka untuk bertanggung jawab di masa depan.
5.   Memiliki tujuan untuk anak, libatkan anak dengan cita-cita dan tujuan hidupnya di masa depan.
6.  Membuat tradisi buat anak-anak, misalnya liburan bersama, dan kenalkan anak dengan silsilah keluarga, agar di masa depan mereka tahu siapa leluhurnya.

Wanita shalihah mempesona sebagai sahabat, islam mengajarkan kita unruk saling mengasihi sesame dan menajlin persahabatan. Persahabatan yang dijalin tanpa pamrih. Wanita shalihah secara profesional mampu bersikap terhadap sesama jenis dan lawan jenis. Persahabatan yang baik tidak dikotori oleh nafsu dan fitnah.
Tips persahabatan sesuai syara’ :
1.     Menundukkan pandangan

2.  Tidak berkhalwat ( menyepi, berdua-duaan dengan lawan jenis). Sebagaimana hadist Rasulullah SAW, “ janganlah sekali-kali salah seorang diantara kalian bersunyi-sunyi dengan perempuan lain, kecuali disertai muhrimnya ( HR Bukhari dan Muslim).

3.      Tidak masuk ke tempat timggal wanita.
4.      Berinteraksi hanya pada keadaan yang dibenarkan oleh syara’, misalnya pendidikan, jual beli dan pengobatan.
5.      Bersahabat karena Allah semata,


0 comments:

Post a Comment