Welcome di Mentari Sago, kumpulan artikel pendidikan dan sastra baik berupa cerpen, puisi dan lain-lain

Tuesday 27 March 2018

Gaya pemimpin RI dalam Mewujudkan Cita-Cita Bangsa Indonesia


Mewujudkan cita-cita luhur bangsa yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Maka niat pemimpin bangsa menjadikan Indonesia sebagai negara maju seharusnya tidak hanya dipandang sebagai sebuah mimpi. Karena Indonesia memiliki cukup modal untuk mewujudkannya dengan sumber daya alam yang melimpah, dan didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni, maka hal yang dianggap sebagaian orang mustahil itu bisa terwujud. 
Dengan adanya dukungan kerjasama, dan program nyata dari pemerintah maka impian bangsa Indonesia yang telah dicetuskan sejak kemerdekaan bisa terwujud. Dulu dengan hanya bermodalkan bambu runcing, senjata yang seadanyadan sederhana, toh kita bisa mardeka, apalagi sekarang dengan kemajuan tegnologi, sumber daya alam dan SDM yang kita miliki maka Indonesia Maju bisa terwujud.
Setiap insan yang menjadi pemimpin bangsa Indonesia ini ingin mewujudkan cita-cita bangsa tersebut dengan gaya dan cara pandangnya sendiri. Mulai dari presiden pertama Soekarno, yang tdengan tegas tidak mau menerima bantuan Amerika Serikat. Dengan gagahnya menyatakan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus tegak dengan kaki sendiri.

Pada tahun 1950-an Indonesia menerapkan model guidance development dalam pengelolaan ekonomi, dengan pola dasar Growth with Distribution of Wealth di mana peran pemerintah pusat sangat dominan dalam mengatur pertumbuhan ekonomi (pembangunan semesta berencana).  

Zaman presiden Soeharto yang kita kenal dengan Bapak Pembangunan Nasional, yang kehadirannya menjadi tonggah sejarah baru pemerintahan Indonesia. Berkuasa selama 32 tahun, banyak hal yang telah dibangun oleh bapak Presiden Soeharto, Trilogi Pembangunan adalah wacana pembangunan Nasional yang diusung oleh Pemerintahan Orde Baru adalah:
1.      Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.
2.      Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
3.   Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat.
Pembangunan disegala sektor, Indonesia mencapai swasembada beras, listrik masuk desa, adanya manunggal sakato dan banyak lagi yang lainnya. Dengan gaya blusukan yang khas, berjumpa dengan rakyat melalui KELOPENCAPIR. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat pada masanya. Pembangunan di bidang pendidikan dengan adanya sekolah-sekolah inpres, sehingga masyarakat mudah untuk mendapatkan pendidikan dengan adanya wajib belajar 6 tahun.
Zaman presiden Habibie, kita dihadapkan dengan gejolak kondisi ekonomi, sosial, stabilitas politik, keamanan di Indonesia berada di ujung tanduk “revolusi”. Dengan mengambil kebijakan yang salah serta pengelolaan ekonomi yang tidak tepat, maka Indonesia 1998 berpotensi masuk dalam era “chaos” ataupun revolusi berdarah dan reformasi besar-besaran. ditandai dengan dimulainya kerjasama dengan Dana Moneter Internasional untuk membantu dalam proses pemulihan ekonomi.  
Pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah Presiden keenam Indonesia pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat Indonesia. Sebuah sejarah baru dalam sistem politik kita dan merupakan sebuah kemajuan yang sangat luar biasa dalam kehidupan kita sebagai sebuah bangsa mampu menerapkan sistem demokrasi modern. Tak berbeda dengan presiden sebelumnya, pencapaian SBY sebagai presiden dalam mewujudkan cita-cita bangsa tak kalah dari yang lain. Ekonomi masyarakat naik dizaman pemerintahannya.
Masa  Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya di Kementerian dan Lembaga Negara untuk giat melakukan perubahan besar disegala bidang, terutama pembangunan infrastruktur di Indonesia. Sejumlah proyek pembangunan baik di pusat hingga daerah terus dikebut.agar cepat diselesaikan dan segera dapat dipergunakan demi trwujudnya keadilan dan kemerataan pembangunan.
Semua gaya pemimpin mempunyai tujuan sama. Semua itu dilakukan agar terwujudnya mimpi Indonesia Emas, negara yang maju di tahun 2045. Dimana Republik Indonesia akan berusia satu abad.  Alangkah membanggakannya jika sebelum itu Indonesia sudah naik kelas menjadi negara maju. Jadi mari bersama-sama bangkit dan bergerak untuk mewujudkan Indonesia yang kita impikan sebagaimana amanat pembukaan UUD 1945.






Acara ini terselenggara atas kerjasama :

KEMKOMINFO dengan DINAS KEMKOMINFO PROVINSI RIAU

0 comments:

Post a Comment