5 M Trik Dasar Menulis Cerita Anak




Menulis cerita anak itu mudah, itu bagi sebagian orang. Berbagai kisah masa kanak kanak yang lucu, sedih dan gembira yang akan menjadi bahan cerita. Jadi pada intinya cerita anak itu dekat dengan dirimu. Tentu kamu pernah menjadi anak-anak kan? Itu artinya kamu sudah punya modal utama untuk menulis cerita anak.

Namun  banyak penulis yang merasa kesulitan merangkai sebuah cerita anak yang baik karena cerita anak mempunyai teknik penulisan tersendiri. dalam menulis cerita anak bahasa yang digunakan lebih mudah dipahami anak-anak. 

5 Trik dasar  menulis cerita anak yang menarik. Nah, untuk menulis cerita anak yang menarik, ada 5 cara menulis buku cerita anak yang menarik dan patut diperhatikan.

1. Menemukan ide 

Ide yang sangat dekat dengan penulis adalah pengalaman masa kecil. Kisah yang terjadi pada diri sendiri akan menjadi ide yang paling dekat dengan penulis. Penulis sudah merasakan sendiri. jadi akan lebih mudah untuk memulai menulis cerita anak.

2. Menentukan Tema

Tema adalah inti dari sebuah cerita. Menariknya  cerita yang ditulis itu tergantung tema.  Tema yang menarik akan  membuat buku cerita anak yang kamu tulis akan disukai banyak orang. Pilihlah tema sesuai dengan tujuan ayang akan dicapai.  Sehingga cerita yang ditulis dapat tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran.

3. Membuat Kerangka Cerita

Membuat kerangka tulisan itu sangat penting, sehingga ketika cerita anak yang kamu tulis akan lebih mudah dan cepat selesai.  Kerangka tulisan yang dibuat harus jelas agar tulisan tidak melebar kemana-mana.

4. Memberi Pesan Moral

Nah dalam menulis cerita anak yang tidak boleh lupa adalah pesan moral atau amanat. Menanamkan nilai-nilai karakter dalam setiap cerita anak yang dibuat. Hal itu akan membantu pembentukan karekter anak secara tidak langsung.

5. Mengunakan Bahasa Sederhana dan Mudah Dipahami

Bahasa Sederhana dan Mudah Dipahami dalam menulis cerita anak cukup rumit. kesannya mudah, namun dalam menulis cerita anak bahasa yang digunakan harus sedderhana hingga mudah dipahami pembaca. 

Nah itu 5  tips menulis cerita anak. Semoga 5 cara  menulis  cerita anak di atas akan memotivasi kamu untuk terus mengasah diri dalam menulis.

Tuliskan cerita anak  agar  Buku Cerita anak Indonesia semakin beragam dan bermutu. 

Post a Comment

0 Comments