Tanaman Kakao Menjadi Primadona di Lereng Gunung Sago dan Manfaatnya

 

Budi daya kakao sekarang sangat meningkat di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Lima Puluh Kota, terutama daerah hamparan lereng Gunung Sago. Banyak penduduk yang menanam kakao di kebun mereka.



Mengenal Tanaman Kakao

Kakao adalah bentuk cokelat paling murni. Dari semua coklat yang biasanya konsumsi banyak orang. Kakao merupakan biji dari tanaman Theoboroma cacaoApakah anda familiar dengan Theobroma cacao? Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui nama ilmiahnya.

Bagaimana dengan buah coklat?  Pasti semua tahu dengan namanya. Tanaman kakao/buah coklat ini menghasilkan buah yang cukup besar dan masing-masing mengandung 20 sampai 60 biji yang diselimuti oleh daging buah berwarna putih yang rasanya manis-manis asam.

Tanaman kakao atau coklat  adalah tanaman parennial atau tumbuh tahunan yang tingginya bisa mencapai 10 meter dan memiliki banyak buah di batang dan dahannya.

Kakao adalah biji dari buah coklat yang masih mentah dan belum diolah. Biji buah yang mentah ini mengandung antioksidan paling tinggi. Biji kakao diambil dan dijemur sampai kering sebelum diolah menjadi coklat yang menjadi cemilan. Buah kakao adalah sumber cemilan manis favorit semua kalangan.  

Biji kakao (biji kakao kering dan terfermentasi) memiliki 45-53,2% lemak dalam bentuk cocoa butter (juga dikenal sebagai theobroma oil) yang terdiri dari berbagai asam lemak.

Biji kakao mengandung hingga 10% fenol dan flavenoids yang merupakan antioksidan yang berpotensi menghambat kanker atau penyakit kardiovaskular, serta potasium, magnesium, kalsium dan zat besi. Selain itu, mereka mengandung 1-3% theobromine dan kafein, alkaloid yang merangsang sistem saraf pusat. Kafein memiliki efek positif pada kewaspadaan mental, misalnya saat dikonsumsi dalam minuman berkafein. Sumber wikipedia

Chocolate..! anda pasti tahu dan suka,  jika kamu adalah penikmat coklat, maka ada baiknya jika kamu mengetahui apa kandungannya serta manfaatnya.  

Manfaat Biji Kakao

Biji kakao menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan. Bijinya juga mengandung vitamin, mineral, serat, karbohidrat alami, dan protein yang baik untuk kesehatan.

Kakao atau buah coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, coklat yang kaya manfaat adalah jenis coklat yang mengadung kadar gula tambahan lebih sedikit, yaitu coklat hitam yang mengandung setidaknya 60% kadar coklat murni. Sebagaimana coklat hitam murni banyak mengandung senyawa baik diantarnya kalsium, magnesium, kalium, zat besi dan tembaga.

1.        Menghilangkan Stres

Katanya coklat dapat menghilangkan stress, apa sebabnya? Tenyata coklat murni mengandung sifat antidepresant yang dapat menenangkan serta merefleksikan saraf.

Kandungan yang terdapat pada buah coklat atau kakao yaitu Theobromine, kafein, phenylethylalanine dan methyl-xanthine yang berfungsi memberi rasa nyaman pada tubuh.

Setelah buah kakao diolah menjadi coklat, kandungan-kandungan tersebut tidak akan hilang. Jadi kala sedang stres, mengkonsumsi coklat baik dalam bentuk batang atau meminum coklat panas dapat menghilangkan stres yang sedang kamu rasakan.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Sandiego School of Medicine, California University yang menyatakan bahwa kandungan-kandungan tersebut memiliki senyawa yang bersifat menenangkan dan antidepressant.  Jadi, ketika mengkonsumsi coklat, saraf akan terasa rileks.

2.      Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)  dalam Tubuh

Nah, coklat juga mampu menurunkan kolesterol jahat. Karena coklat mengandung flavonoid yang ampuh melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Flavonoid ini bersama-sama dengan antioksidan menghentikan oksidasi kolesterol jahat sehingga tubuh kita terhindar dari penyakit-penyakit seperti kanker, jantung koroner juga stroke.

3.      Mencegah Penuaan Dini

Ini merupakan salah satu masalah para wanita. Kulit wajah mulai keriput atau ada kerutan. Hal seperti ini biasa diatasi dengan mengkonsumsi coklat secara rutin namun tidak berlebihan.

Sebab coklat mengandung senyawa antioksidan tinggi yang berperan untuk melindungi kulit dari terbentuknya radikal bebas penyebab sel-sel kulit mati. Selain itu, coklat juga mengandung minyak essensial yang dapat melembutkan kulit. Jadi proses berkerutnya kulit wajah atau keriput tidak akan terjadi sebelum waktunya.

Perawatan dengan menggunakan coklat menjadi salah satu perawatan wajah yang cukup diminati, seperti peran tomat dan jeruk nipis pada kecantikan kulit.

4.      Mencegah Penyakit atau Gangguan pada Hati

Kandungan antiokasidan  pada coklat dapat menghambat radikal bebas, kerja hati menjadi lebih ringan. Racun-racun yang masuk ke tubuh dapat dengan mudah dinetralisir oleh hati sehingga penyakit-penyakit hati seperti hepatitis, liver ataupun kanker hati dapat dihindari.

Post a Comment

0 Comments