Welcome di Mentari Sago, kumpulan artikel pendidikan dan sastra baik berupa cerpen, puisi dan lain-lain

Wednesday 16 December 2020

3 TRIK SUKSES MENULIS UNTUK PEMULA


Setiap penulis tentu ingin sukses dalam menulis. Banyak cara yang dapat dilakukan dan itu sangat mendasar. Pengetahuan poin penting dalam meraih keberhasilan. tanpa pengetahuan apa yang mau ditulis? dalam menulis sebuah cerita pun kita perlu riset. Nah disini akan dikupas bagaimana trik untuk sukses menulis bagi Pemula.




SUKA MEMBACA

Untuk sukses menulis. kesukaan pada buku menjadi faktor penting. Pengetahuan merupakan inti dari sebuah kesuksesan. Gemar membaca akan menemukan banyak ide dari buku yang dibaca. Hal itu akan memudahkan kita untuk membuat sebuah karya tulis yang bermutu.

Manfaat dari banyak membaca

  •          Pengetahuan bertambah

Kesukaan pada membaca akan memambah wawasan dan pegetahuan, yang akan memberikan kita ide ide baru dalam menulis buku.

  •          Menambah Kecerdasan

Makin banyak membaca makin terasah kecerdasan. Membaca salah satu olahraga otak, yang selalu memaksa diri berpikir. Pikiran akan memudahkan kita memahami apa yang kita baca.

 

  •          Meningkatkan kosentrasi

Keseringan membaca membuat kita melalaikan hal hal sekitar, karena otak terfokus ke buku yang dibaca

  •          Membuat diri lebih bijaksana

Membaca membuat kita lebih prespektif terhadap permasalahan yang menimpa. Sudut pandang orang yang suka membaca akan berbeda.

 


DISIPLIN

 

Keberhasilan seorang penulis adalah harus disiplin.  Kedisiplinan akan membuat diri konsisten dalam menuangkan ide ke dalam sebuah karya tulis. Budaya disiplin harus dilakukan semua orang dan berkomitmenlah untuk meraih kesuksesan dalam menulis.

Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendisiplinkan diri sendiri

·         Konsisten dalam menulis, lakukan terus menerus.

·         Tekadkan diri  “bisa melakukan”.

·         Jangan suka banyak alas an

Buang jauh jauh alas an yang membuat malas dalam menulis buku.

 

KETEKUNAN

 

Menulis kerja pikiran yang membutuhkan ketekunan dalam mengerjakannya. Rintangan yang ada dihadapi dengan ketekunan, sehingga ketika muncul rasa malas. Rasa itu akan dengan sendirimya pergi dari dalam diri. Ketekunan merupakan hal yang wajib dimiliki agar sukses dalam menulis.

 

Ketekunan adalah kemampuan untuk bertahan ditengah kesulitan yang dihadapi. Ada orang yang cerdas. hanya mengandalkan kecerdasannya. Maka dia akan tertinggal. Karena  tidak memiliki ketekunan, ketekunan dalam menulis  akan mencapai hasil lebih baik dari pada hanya mengandalkan kecerdasan.

 

Banyak trik sukses dalam  menulis  yang dibahas banyak orang, tapi disini saya menringkasnya dalam 3 kata kunci, BANYAK MEMBACA, DISPLIN DAN TEKUN.

Semoga 3 Trik Sukses dalam menulis bermafaat buat semua. 

0 comments:

Post a Comment