Yuk senantiasa bersedekah





Punya banyak harta, siapa yang ingin dan suka dengan harta yang melimpah, namun ada kewajiban yang harus dituntaskan sebagai umat Islam . Hidup di didunia tidak bisa sendiri,  kita membutuhkan orang lain. Sebagai makhluk sosial perlu interaksi dengan orang lain.  Karena itu kita saling membutuhkan. Kelangsungan hidup orang lain terkadang menunggu pertolongan dari kita.
Islam, mengajarkan kita untuk berbagi, dalam  rezeki yang kita  dapatkan ada hak orang lain di sana. 

Maka dari itu Islam sangat memperhatikan tentang pentingnya berbagi. Itulah sebabnya infak dan sedekah sangat dianjurkan oleh Islam. Mengingat begitu penting urgensinya, Allah SWT menaruh berbagai balasan kebaikan yang sangat banyak bagi hamba-hambaNya yang berinfak atau bersedekah
Lalu apakah balasan itu? mari kita lihat sejenak keutamaan-keutamaan infak dan sedekah.
Infak berasal dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan harta untuk kepentingan sesuatu. Secara syariat, infak berarti mengeluarkan sebagian harta untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam.
Infak dapat dikeluarkan oleh orang yang beriman baik yang berpenghasilan tinggi atau rendah, dalam keadaan lapang atau sempit. Pengertian ini juga dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 134. Kemudian samakah infak dan sedekah?
Sedangkan sedekah berasal dari kata shadaqa yang berarti benar. Secara syar’i pengertian sedekah dan infak memiliki kesamaan, termasuk hukum dan ketentuannya. Jika memiliki kesamaan mengapa namanya dibedakan menjadi “infak” dan “sedekah?” kenapa tidak satu nama saja?

Post a Comment

0 Comments