Makanan Sehat Materi Organ Pencernaan Manusia (IPA Kelas V SD /K13)

Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?
Makanan sehat baik untuk tubuh kita. Tubuh manusia mengolah makanan menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh.

Manfaat sistem pencernaan.
Sistem pencernaan merupakan organ yang dapat ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk memperhalus makanan sehingga menghasilkan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. 

Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan hewan, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsi itu sehat dan bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.

Bagian dan Fungsi dari Organ Pencernaan Manusia.

1. Mulut,  dalam rongga mulut makanan dihaluskan dengan bantuan gigi dan kelenjer ludah. 

Mulut adalah awal dari saluran pencernaan. Saat makanan dikunyah di dalam mulut, kelenjar ludah akan memproduksi air ludah yang gunanya menghaluskan makanan. Air ludah mengandung enzim amilase yang berfungsi untuk mengolah karbohidrat/zat tepung menjadi glukosa/zat gula.

Manfaat karbohidrat adalah untuk menambah tenaga atau energi.

Setelah makanan selesai dikunyah, lidah akan mendorong makanan yang sudah halus ke belakang mulut menuju kerongkongan.Dikerongkongan makanan di dorong dengan gerakan perstaltik.  Selanjutnya, makananmenuju lambung.

2. Lambung

Di dalam lambung, makanan dan minuman akan bercampur dengan enzim pencernaan dan asam lambung untuk diproses dan dihaluskan. 


Asam lambung juga berfungsi untuk membasmi kuman dan virus makanan atau minuman yang dapat menyebabkan penyakit infeksi. Setelah selesai dicerna di lambung, otot lambung akan mendorong makanan agar bergerak ke usus halus.

3. Usus halus terjadi penyerapan sari sari makanan
Di usus halus proses pencernaan menggunakan enzim yang dikeluarkan oleh pankreas dan empedu dari hati. Enzim ini bertugas untuk memecah protein, lemak, dan karbohidrat dari makanan. Selain itu, bakteri di usus kecil juga memproduksi enzim untuk mencerna karbohidrat.




4.  Usus besar

Sisa-sisa makanan yang tidak dicerna atau diserap akan dibawa ke usus besar.

usus besar tempat menyerap air dan nutrisi yang tersisa dari sisa makanan, sehingga menjadi lebih padat dan membentuk tinja.





Post a Comment

0 Comments