Alat gerak Manusia ( materi IPA ) Cara Memelihara Alat Gerak dan Kelainan pada Alat Gerak Manusia Tema 1 Sub Tema 3 Kelas V

4  Cara Memelihara Alat Gerak Manusia

Manusia beraktifitas  selalu menggunakan alat gerak. Waktu berjalan, berlari, bekerja, menulis, duduk pun kita menggunakan alat gerak. Alat gerak pada manusia adalah tulang dan otot yang telah kamu pelajari di awal tema ini. 

Nah, karena tulang dan otot selalu kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari, maka kita harus merawatnya. kalau tidak dirawat dengan baik otot dan tulang akan mengalami gangguan sehingga akan mempergaruhi aktifitas kamu.

Cara Memelihara  Kesehatan  Alat Gerak adalah :
  1. Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Gizi yang seimbang itu mencakup 4 sehat 5 sempurna. Misalnya nasi, lauk pauk, sayur, buah dan susu. makanan yang dimakan harus seimbang, terutama yang bayak mengadung vitamin D terutama pada susu, kedelai, kacang almond, brokoli dan kangkung. Tidak boleh makan berlebihan, karena itu akan menganggu kesehatan. 
  2. Menghindari posisi tubuh yang salah. misalnya posisi saat berdiri harus tengah lurus, tidak boleh membungkuk atau berdiri dengan posisi kaki sebelah ditekuk, itu akan menganggu kesehatan tulang. 
  3. Olahraga secara teratur, olahraga sangat diperlukan tubuh untuk tetap bugar dan sehat. 
  4. Berjemur di sinar matahari pagi, karena sinar matahari pagi berguna untuk membantu pembentukan vitamin D dalam menyerap vitamin D yang kita konsumsi.


5 Kelainan pada Alat Gerak Fasif atau Tulang.

Alat gerak pasif adalah tulang. 



Macam- macam kelainan pada tulang :

Osteoporosis

Osteoporosis adalah kelainan pada tulang yang terjadi karena kekurangan kalsium. Tulang kekurangan mineral akan menjadi rapuh dan mudah patah. Umumnya terjadi pada orang dewasa dan orang tua karena sudah tidak mampu menyerap kalsium secara normal. Osteoporosis biasanya dikenal dengan pengeroposan tulang.


Lordosis

Lordosis adalah kelainan yaitu tulang belakang melengkung berlebihan ke arah depan di bagian pinggang. Lordosis terjadi karena kelainan pada tulang yang disebabkan sikap duduk yang salah. 


Skoliosis

Skoliosis merupakan kelainan pada tulang punggung bengkok ke arah sampaing tubuh manusia. seperti membentuk huruf  "s"

Kifosis

kelainan pada tulang punggung yang  membengkok ke arah belakang tubuh, sehingga tubuh terlihat membungkuk.

Rakitis 

Rakitis merupakan penyakit pada tulang akibat dari kekurangan gizi, seperti fosfor, kalsium dan vitamin D. 

Fisura/ Retak tulang

Keretakan pada tulang akibat dari kecelakaan.  

Post a Comment

0 Comments