Alat Gerak pada Hewan Invetebrata ( materi IPA) Kelas V SD K-13

Hewan Invetebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau kolom vertebral. contohnya siput, ulat, cacing. semut dan kupu-kupu



Kamu pasti mengira, kalau hewan invetebrata adalah hewan yang lunak. tidak mesti, mereka mempunyai kulit yang keras untuk melindungi tubuhnya. 

Hewan Invetebrata mempunyai ruang yang sempit untuk bergerak. Mereka sulit menjelajah dan menyesuaikan diri, tidak seperti hewan vertebrata. Misalnya ubur-ubur yang habitatnya terbatas di laut, tidak bisa beradaptasi di darat. Begitu pula dengan cacing di bawah tanah atau lebah yang berterbangan.

Ciri- Ciri Hewan Invetebrata : 
  1. Tidak memiliki paru-paru untuk proses pernapasannya. Kebanyakan dari mereka bernapas dengan kulit.
  2. rangka tulang sederhana itulah sebabnya kebanyakan hewan invertebrata memiliki ukuran tubuh yang kecil dan lamban dalam bergerak.  
  3. Tubuh hewan invertebrata hanya dibagi menjadi tiga, yaitu kepala, dada, dan perut.

 Hewan Invetebrata


Coba kamu  simak ulasan di bawah ini ya!

SEMUT



Tubuh semut terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut). Morfologi semut cukup jelas dibandingkan dengan serangga lain yang juga memiliki antena. Pada kepala semut terdapat banyak organ sensor.

Tubuh semut, seperti serangga lainnya, memiliki eksoskeleton atau kerangka luar yang memberikan perlindungan dan juga sebagai tempat menempelnya otot. 

Semut berkembangbiak dengan cara bertelur.  Bagaimana cara semut bergerak?
semut bergerak dengan kaki.  


ULAT 



Nah, Ulat tentu sudah tidak asing bagi kamu. Ulat hidup di daun. Ulat memiliki badan panjang dan berbentuk gilig (silinder) dan
 memiliki tubuh yang beruas-ruas. 
Ulat juga berkembangbiak dengan cara bertelur. Nah yang paling perting kamu ketahui di sini adalah ulat bergerak  dengan cara kakinya. 


CACING


Kamu pasti sudah sangat kenal dengan hewan satu ini. iya, dia adalah cacing yang sangat membantu petani dalam menyuburkan tanah. 

Bagaimana cara cacing bergerak? cacing bergerak dengan cara merayap menggunakan otot tubuhnya. 

Cacing juga hidup di daerah yang lembab dan juga bernapas menggunkan kulit. 


CAPUNG

Capung adalah hewan invetebrata yang menarik, ekornya yang panjang dan sayapnya yang tipis menjadi cirinya tersendiri. Capung bergerak menggunakan kaki dan sayap. 

Capung sebenarnya predator ganas dengan rahang tajam, pengelihatan hampir 360 derajat, dan dapat terbang mundur. 

Capung juga salah satu serangga yang menghuni bumi ini. Mereka telah melalui berbagai tahapan evolusi hingga dapat menyempurnakan kemampuan terbang dan menjadi makhluk cantik nan menakjubkan.

Pada kaki capung yang seperti duri atau bulu disebut bristle yang mendukung capung sebagai predator karnivora. Bristle berfungsi untuk mencengkram mangsa.


nah, itu beberapa Hewan invetebrata yang bisa kamu pelajari. 
semoga bermanfaat 

- sumber dari beberapa buku sains 


Post a Comment

0 Comments